Friday, 14 February 2014

Tebarkan Manfaat






"Tebarkan Manfaat"
By. Ning Sehati




"Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, "Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang"
(QS. Al-Ahzab : 59) 


Alkisah dua orang akhwat tengah berjalan bersama, yang satu menutup aurat dengan sempurna sedang yang lain berpakaian tapi 'bertelanjang'. Beberapa kali berpapasan dengan rekan-rekan hijabers lain disepanjang jalan, selalu saja yang diberi ucapan salam hanya akhwat yang menutup aurat.

"Assalamu'alaikum, ukthy... Monggo, mbak...!"

Maka bertanyalah akhwat yang tidak menutup aurat kepada temannya yang menutup aurat disebelahnya, saking penasaran setengah keki

"Koq cuman kamu aj sich yang disalami, dipanggil 'ukthy' lagi... la sama aku koq gk da salam dan cuman dipanggil mbak, padahal aku kan juga muslim sama kaya' kamu, kenapa begitu?... Pilih-pilih banget dech mereka itu, sok paling suci sendiri mentang-mentang berbusana tertutup lebar..."

"Bukan begitu, jangan salah paham dan su'udzan dulu. Lagian bukan salah mereka kalau mereka hanya memberi salam pada saya, juga memanggil saya ' ukthy' tidak seperti kepada kamu yang gak disalami dan hanya dipanggil 'mbak'. Bukan juga mereka itu pilih-pilih atau sok suci akan tetapi mereka kan tidak tahu kalau kamu sebenarnya juga seorang muslimah sama seperti saya dan juga seperti mereka. Kecuali kalau kamu tempelin tulisan 'Saya Mulimah' dibadan kamu... hehehe... Makanya kalau mau dianggap dan dipercaya sebagai muslimah sejati ya tunjukin buktinya yang nampak mata dunk, gak hanya cukup dengan berkoar-koar kesana kemari kalau kita ini muslimah."

Akhwat yang tak menutup aurat diam tanpa tau mau menjawab apa. Dalam hatinya berpikir, 'Bener juga ya, gimana orang bisa tau keimananku kalau penampilan luarku masih begini, menunjukkan banget kebengalanku berani membangkang perintah-Nya'

"Kan ajining rogo soko busono..."


Alhamdulillah tak berapa lama saat mereka kembali berjumpa, penampilan rekan itu sudah mulai menunjukkan niatan memperbaiki diri. 


Ingat, ukhty : "Hanya ada dua teman sejati, pertama adalah Allah dan kedua adalah mereka yang mengingatkan kita pada Allah"




*wallahualam bissawab*



0 comments:

Post a comment

 
;