Friday, 21 February 2014

Menulis CerPen

Lowongan Penulis: E-mail dan Honor Cerpen di Majalah, Tabloid, dan Jurnal


Anda jangan pernah merasa belum-belum, ah ini bukan bagianku. Aku tidak bisa menulis cerpen, pasti sulit tembusnya. Kalau anda berpikir begitu, terjadilah. Anda benar-benar tidak bisa nulis cerpen dan tentu saja tidak bisa nembus majalah. Katakanlah, menulis cerpen itu gampang, maka aku bisa melakukannya, dan saya bisa dapat uang dari sana. lalu bismillah… atau berdoa sesuai agama anda masing-masing 
Wah, kok malah kepanjangan. Oke, berikut adalah lowongan penulis cerpen di majalah, email, dan jumlah honornya. 
Jurnal Cerpen Indonesia
Jurnal cerpen Indonesia diterbitkan oleh Yayasan Akar Indonesia. Menerima kiriman cerpen dan esai. Kirimkan karya anda ke jurnalcerpen@yahoo.com, jurnalcerita@yahoo.com
Honor menulis cerpen dan esai di Jurnal Cerpen sekitar Rp. 250.000. Tapi bisa jadi sudah naik. Itu pengalaman beberapa penulis tahun lalu.

Majalah Sastra Horison


Ini adalah majalah sastra tertua yang masih hidup sampai sekarang. Menerima kiriman puisi, cerpen, dan esai. Ada juga rubrik Kaki Langit yang khusus menampung karya siswa dan guru.
Kirimkan puisi, cerpen, dan esai sastra anda ke horisoncerpen@gmail.com (untuk cerpen) dan horisonpuisi@gmail.com (untuk puisi)
Honor menulis cerpen di Horison sebesar Rp. 350.000. Sementara honor puisi di horison tergantung jumlah puisi. Selain via rekening, horison juga kadang mengirim via pos. Jadi, jangan lupa cantumkan alamat rumah anda di naskah.
Jika tulisanmu dimuat, maka kamu akan dikirimi sample majalahnya. berapa jumlah puisi yang dimuat, biasanya dikirimi majalahnya sebagai bukti terbit.

Majalah Esquire


Majalah Esquire adalah majalah pria. Harganya mahal dan kertasnya tebal. sepertinya majalah ini banyak dikonsumsi orang-orang kaya. Tapi menariknya, makalah ini menerima kiriman cerpen. Kirim cerpen anda ke majalah esquire via email cerpen@esquire.co.id. Honornya cerpen di Esquiere berkisar antara 800 ribu sampai 1 juta. Itu dari pengalaman beberapa penulis yang mimin baca di blog mereka.

Majalah Suara Muhammadiyah


Dari namanya saja kita sudah tahu, majalah ini adalah majalahnya orang Muhammadiyah. Meski pun tidak menutup kemungkinan orang Non Muhammadiyah atau orang yang tidak termasuk golongan apapun bisa masuk tulisannya. Kirimkan cerpen ke Majalah Muahmmadiyah via redaksism@gmail.com.
Honor cerpen Majalah Muhammadiyah Rp. 150.000.

Majalah Ummi


Ini majalahnya ibu-ibu. Ummi itu kan artinya ibu. Betul tidak? Kirimkan cerpen untuk majalah ummi via kru_ummi@yahoo.com. Tentu karena ini untuk ibu-ibu ya cerpennya bukan tentang remaja, tapi tentang kehidupan rumah tangga, meski kalau redakturnya menganggap bagus ya bisa dimuat juga.
Honor cerpen Majalah Ummi sekitar 250 ribu, cepat ditransfer, biasanya sebulan setelah pemuatan.

Majalah Kartini


Ini juga majalah perempuan. Menerima cerpen tema perempuan atau kehidupan rumah tangga, kirim ke redaksi_kartini@yahoo.com
Honor cerpen Majalah Kartini 350 ribu, honornya lama dikirim, ada yang mengatakan 3 bulanan baru dikirim.

Majalah Alia


Majalah Alia juga memuat 1 cerpen setiap terbitannya. Kirimkan cerpen untuk majalah Alia via majalah_alia@yahoo.com. Honor pemuatan cerpen di Majalah Alia sekitar Rp. 300.000.

Majalah Femina


Majalah Femina sudah masyhur, dan agaknya menjadi majalah perempuan yang tua, mungkin seumuran majalah Kartini. Majalah ini terbit 2 minggu sekali. Memuat cerpen dan cerbung. Kirimkan cerpen ke Femina via e-mail kontak@femina.co.id
Honor cerpen Majalah Femina Rp. 850.000, cairnya cepat, semingu setelah pemuatan.


Majalah Story


Majalah Story adalah majalah remaja. Memuat banyak cerpen remaja atau teenlet, meski ada cerpen untuk para guru. Email kirim cerpen ke Majalah stori adalah story_magazine@yahoo.com. Honornya sekitar Rp. 250.000.

Majalah Gadis

Email kirim cerpen ke Majalah Gadis: GADIS.Redaksi@feminagroup.com
Tema cerpen khas ala remaja/teenlit. Ada juga rubrik Percikan alias Cerpen Mini Tiga Halaman yang honornya Rp. 500.000. Untuk cerpen sendiri honornya 800.000.

Majalah Annida-online


Dulu Annida terbit dalam bentuk Cetak. Tapi entah kenapa kemudian sekarang hanya memilih jalur online, mungkin semakin banyak saingannya, ga tahu juga. Kirim cerpen ke Majalah Annida lewat email majalah_annida@yahoo.com.
Honor cerpen Annida Online Rp. 70.000.

Majalah Bobo


Majalah ini dulu kesukaan mimin waktu masih esde. Email kirim cerpen ke majalah bobo adalah bobonet@gramedia-majalah.com . Jangan lupa, cerpen anak ya.
Honor cerpen majalah Bobo Rp. 250.000

Majalah HAI
Kenapa majalah cowok lebih sedikit dari pada majalah cewek? Nah, ayo dipikir! Dan ini adalah majalah cowok remaja yang fenomenal: HAI. Ada cerpennya katanya, mimin sendiri belum pernah lihat sih. Kirim cerpen ke HAI lewa email cerpen_hai@yahoo.com
Ada honornya, tapi tidak tahu persisnya.

Majalah Aneka Yes!
Di bawah majalah cowok Hai ada majalah Aneka Yes! Kasih Yes ya. Kirim cerpen ke aneka yes lewa email aneka@indosat.net.id atau yess_pals@yahoo.com dengan subjek FIKSI
Sertakan pernyataan cerpen orisinil dan belum pernah dipublikasikan dan bermaterai
Jika dalam waktu 3 bulan tidak dimuat, berarti cerpen tak layak muat.

Majalah CHIC
Ini majalah remaja, menerima cerpen metro pop, cari di google apa itu cerpen metro pop. . kirim cerpen ke majalah Chic ke email cerpen_chic@yahoo.co.id
Honor majalah chic belum nemu infonya.

Majalah Kawanku
Email kirim cerpen ke kawanku cerpenkawanku@gmail.com
Cerpen remaja, maks. 8 halaman A4, ketik 2 spasi.
Cantumkan identitas lengkap, alamat, dan nomor rekening
Jika 3 bulan tidak dimuat, berarti cerpen tak layak muat.
Honor majalah kawanku belum nemu infonya.

Wonder Teens
Email kirim cerpen ke Majala Wonder Teens majalah.teen@gmail.com dan majalah.teen2@gmail.com
Cerpen teenlit, maks. 6 hal A4, ketik1,5 spasi.
Honor belum nemu infonya.

Majalah Pesona.
Email kirim cerpen ke Majalah Pesona  pesona@feminagroup.com
Panjang cerpen 10.000-an karakter dengan 2 spasi, honor sekitar Rp 850.000

Tabloid Gaul
Kirim cerpen ke Tabloid Gaul via email tabloid.gaul@yahoo.co.id
cerpen teenlit, maks. 8 hal. Folio, ketik 1,5 spasi, sekitar 10.000 karakter+spasi
Honor belum nemu infonya.

Tabloid Nova

Tabloid keren ini memuat cerpen juga, tapi tidak setiap edisi. Email kirim cerpen ke nova nova@gramedia-majalah.com
Honor cerpen Rp. 388.000,- Honor ditransfer sebulan setelah dimuat.

Tabloid Cempaka (Jawa Tengah)

Tabloid jawa tengah, anaknya Suara Merdeka, kirim ke redaksi@tabloidcempaka.com
Naskah tidak lebih dari 5 halaman dengan spasi ganda. Honor cerpen Rp 135.000, harus ditagih ke redaksi.

Baca juga Email koran dan honornya untuk kirim esai. Semua informasi mengenai E-mail dan Honor Cerpen Di Majalah, Tabloid, dan Jurnal tersebut diambil dari pengalaman para penulis, khususnya yang terbuat di blog penulis beken Guntur Alam. Perlu diketahui bahwa email tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Good luck




link asli http://lowongan-menulis.blogspot.hk/2013/12/lowongan-penulis-e-mail-dan-honor.html
 
;